Resmi Dibuka, Ini Cara Daftar Lowongan Astra Karir 

Di tengah sulitnya proses mencari pekerjaan, banyak jobseeker yang selalu berburu informasi mengenai lowongan terbaru. Salah satu informasi lowongan pekerjaan yang ditunggu-tunggu adalah lowongan Astra karir sebagai kesempatan bekerja di perusahaan bergengsi tersebut.

Sebagaimana diketahu, Astra merupakan salah satu perusahaan yang memiliki nama besar dan reputasi mumpuni di Indonesia. Maka tak heran bila akhirnya banyak orang bermimpi dan berharap untuk menjadi bagian dari keluarga besar Astra, baik di perusahaan utama maupun anak perusahaannya.

Beruntungnya, PT Astra International Tbk secara rutin membuka kesempatan bagi para jobseeker yakni dengan mengadakan recruitment besar-besaran untuk level fresh graduate, berpengalaman, maupun profesional sekalipun, untuk kemudianditempatkan di berbagai perusahaan keluarga besar Astra. 

PT Astra International Tbk, Perusahaan Multinasional Indonesia

Berdiri sejak 1957, Astra sudah memiliki lebih dari 222.000 orang karyawan aktif yang tersebar di 240 anak perusahaannya. PT Astra International Tbk sendiri merupakan salah satu perusahaan multinasional dengan tujuh bidang usaha, antara lain;

  • Perdagangan Umum
  • Industri
  • Jasa Pertambangan
  • Perusahaan Transportasi Indonesia
  • Perusahaan Logistik atau Pengangkutan
  • Pertanian atau Agribisnis
  • Pembangunan dan Jasa Konsultasi

Cara Daftar Astra Karir

Dalam proses rekrutmen dan mendaftar lowongan Astra karir, ingatlah bahwa Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Lebih lengkap, berikut cara daftar akun di Astra Career. 

1. Buka Website

Pertama, Anda wajib mengunjungi website resmi karir Astra: https://career.astra.co.id/account/register lalu klik ‘Daftar” untuk membuat akun. Apabila sudah memiliki akun, langsung pilih menu “Masuk”. 

Saat hendak membuat akun di laman ‘Daftar’, pastikan Anda telah memahami semua informasi sebelum mengisi formulir.

2. Siapkan Foto dan CV

Untuk memudahkan proses pengisian data, lebih baik siapkan dulu semua dokumen yang dibutuhkan, seperti foto dan CV. Selain itu, pastikan pula data yang Anda submit adalah CV dan foto terbaru dengan informasi tepat. 

3. Isi Data

Setelahnya, Anda harus mengisi data yang diminta, mulai dari data personal, pendidikan, organisasi, pengalaman magang atau praktek kerja lapangan, pengalaman kerja, dan status pencari kerja: aktif, pasif, atau tidak aktif.

Berikut panduannya:

a. Data Personal

Untuk data personal, isilah nama lengkap sesuai kartu identitas, jenis kelamin, tanggal lahir dengan format: tanggal, bulan, dan tahun lahir.

Kemudian, masukkan alamat surel atau email, nomor telepon aktif, total lama bekerja, harapan gaji, dan domisili. Terakhir, tentukan password untuk proses masuk ke akun Astra.

b. Pendidikan

Untuk bagian Pendidikan, masukkan maksimal 3 pendidikan terakhir dengan mengklik ‘Tambah’.

Nantinya, akan muncul form mengenai detail pendidikan Anda. Silakan masukkan gelar yang Anda miliki, dari mana mendapatkannya (universitas atau pelatihan), jurusan, tahun masuk dan lulus, serta GPA atau NEM. 

c. Organisasi

Anda juga akan diminta memasukkan data pengalaman organisasi, mulai dari nama dan lingkup organisasi, hingga jabatan Anda di sana. Terakhir, klik Tambah untuk menyimpan data Anda.

Masukkan maksimal tiga pengalaman sebagai pertimbangan bagi rekruter dan pilihlah pengalaman yang penting untuk bisa menunjang karir.

d. Pengalaman Magang atau PKL

Bagi fresh graduate, tambahkan pengalaman magang atau praktek kerja lapangan, namun, pilihan ini bersifat opsional sehingga boleh tidak diisi.

Masukkan nama institusi tempat Anda magang atau PKL, dan pilih salah satu fungsi atau industri yang sesuai. Apabila tidak ada, Anda bisa memilih ‘Others’.

Lalu masukkan tanggal mulai dan berakhirnya masa magang atau PKL, serta jelaskan pula mengenai tugas Anda selama magang.

e. Pengalaman Kerja

Selain pengalaman magang atau PKL, masukkan juga pengalaman kerja sesuai dengan posisi yang dilamar.

Di opsi ini, diperlukan informasi mengenai nama perusahaan dan posisi Anda sewaktu bekerja lalu pilih tipe, pangkat, fungsi, dan industri yang tersedia. 

Masukkan juga tahun masuk dan tahun akhir kerja lengkap dengan deskripsi pekerjaan. Terakhir, klik tambah untuk menyimpan.

Perlu Anda perhatikan, pengalaman magang dan kerja lepas tidak termasuk sebagai pengalaman bekerja.

f. Status Pencari Kerja

Apabila semua data sudah terisi, lakukkan pengecekan terakhir untuk memastikan seluruhnya sesuai.

Kemudian ubah status pencari kerja, meliputi:

  • Aktif

Saat Anda sedang mencari pekerjaan dan terbuka untuk menerima undangan pekerjaan serta email yang berhubungan dengan lowongan.

  • Pasif

Saat Anda sedang tidak sedang mencari pekerjaan namun terbuka dengan penawaran lowongan yang sesuai dengan kompetensi diri.

  • Tidak Aktif

Terakhir, Anda bisa menolak email dan informasi lainnya dengan mencentang tidak aktif.

Setelahnya simpan dan klik Captcha lalu Daftar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *