Butuh Besi Untuk Bahan Bangunan? Kenali Dulu Jenis – Jenisnya!

Ketika berencana membangun sebuah bangunan, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan dengan matang. Salah satunya tentu saja mempersiapkan segala jenis bahan bangunan yang akan digunakan dalam pembangunan. Ada banyak sekali bahan bagunan yang pastinya akan Anda perlukan, mulai dari besi, genteng, paku, hingga jenis bahan bangunan lainnya.

Besi merupakan salah satu jenis bahan bangunan yang sangat penting. Mulai dari membangun plafon hingga pintu, semua butuh besi. Karena itu, Anda harus pandai memilih distributor besi terbaik agar mendapat besi terbaik pula.

Berbagai Jenis Besi Bangunan yang Mesti Anda Tahu

Untuk membangun, tak hanya ada satu jenis besi. Melainkan, ada berbagai jenis besi dengan beragam fungsi. Tentunya Anda harus memahaminya.

Berikut ini berbagai jenis besi bangunan dan kegunaannya yang patut Anda tau.

1. Besi Beton

Nama lain besi jenis ini adalah besi penulangan. Bagaimana tidak, besi beton ini selalu digunakan sebagai rangka untuk sebuah bangunan. Biasanya rangka bangunan yang dibuat dari besi beton adalah rangka bangunan berskala kecil. Contohnya seperti rangka bangunan hunian keluarga.

Besi beton sendiri ada dua jenis. Ada besi beton polos dan besi beton ulir. Keduanya punya fungsi yang sama, yaitu sebagai rangka bangunan yang akan didirikan.

2. Besi H – Beam

Untuk Anda yang ingin membangun gedung perkantoran, jenis besi h – beam haruslah Anda miliki. Besi yang satu ini memang dirancang khusus sebagai bahan bangunan proyek konstruksi besar, seperti gedung perkantoran, apartemen, dan jembatan.

Seperti namanya, bentuk besi ini mirip seperti huruf h dengan karakteristik kuat dan tahan lama. Di antara para konstruktor, besi h – beam dikenal juga dengan sebutan hot rolled.

3. Besi Siku

Besi siku merupakan besi yang memiliki kemiringan 90 derajat dengan bentuk yang menyerupai siku – siku persis seperti namanya. Besi ini juga tersedia dalam beragam ukuran yang bisa Anda pilih.

Anda bisa pilih, ingin besi siku dengan ukuran 2 cm, 3 cm ,4 cm, atau 5 cm. Sesuaikan saja ukuran besi siku dengan kebutuhan Anda.

Biasanya, besi siku dapat Anda temukan pada konstruksi tangga besi, menara air, hingga rak besi yang ada di rumah Anda.

4. Besi Plat

Apa Anda pernah melihat berbagai perkakas dan peralatan rumah tangga yang terbuat dari besi? Jika ya, berarti Anda sudah pernah melihat contoh aplikasi dari besi plat, salah satu besi yang sangat penting dalam pembangunan dan pembuatan berbagai perkakas.

Bentuk dari besi plat terlihat seperti lempengan lembaran tipis. Karena bentuknya inilah besi plat sangat mudah dibentuk dan difungsikan untuk membuat berbagai hal. Besi plat juga sangat ringan, sehingga mudah dipindahkan ke berbagai tempat.

5. Besi Hollow

Jika Anda ingin membuat plafon untuk bangunan Anda, maka Anda perlu besi hollow ini punya karakteristik anti rayap, tahan hama, tahan panas, dan ringan. Inilah yang membuat besi hollow cocok digunakan sebagai plafon bangunan.

Besi hollow ini punya bentuk pipa kotak kosong tanpa penutup di bagian atas dan bawahnya. Selain digunakan untuk plafon, biasanya besi hollow juga digunakan sebagai pelengkap dalam pembangunan kanopi, pagar, dan balkon rumah.

 6. Besi CNP

Sesuai namanya, besi CNP merupakan besi yang memiliki bentuk persis seperti huruf c. Jenis besi satu ini banyak digunakan dalam berbagai konstruksi bangunan, baik perumahan, perkantoran, maupun apartemen.

Kegunaan besi CNP ini terlihat dalam pembuatan rangka atap. Untuk ukurannya, besi CNP tersedia dalam beragam jenis ukuran yang dapat Anda pilih. Mulai dari besi CNP ukuran kecil, menengah, hingga besar. Tinggal sesuaikan saja ukurannya dengan keperluan Anda.

7. Besi UNP

Jenis besi UNP merupakan jenis besi bangunan yang bentuknya mirip seperti huruf u. Besi UNP ini wajib ada dalam setiap kegiatan pembangunan Anda. Baik Anda ingin membangun perkantoran maupun rumah hunian.

Fungsi besi UNP terbilang cukup vital. Besi ini sendiri berfungsi sebagai balok penutup pada bagian atap bangunan dan penopang bagian dinding bangunan. Oleh karena itu, secara umum, fungsi besi UNP adalah sebagai pelengkap dalam setiap bagian konstruksi yang Anda kerjakan. Dengan adanya besi UNP, setiap bangunan dapat berdiri lebih kokoh, lebih kuat, dan lebih tahan lama.

Pemasangan besi UNP biasanya dilakukan dengan cara pengelasan. Tukang las akan langsung memasang besi ini pada rangka bangunan yang diinginkan.

Semua jenis besi ini wajib ada dalam konstruksi bangunan Anda. Oleh karena itu, sebelum membangun, pastikan Anda sudah melengkapi setiap jenis besi yang dibutuhkan, ya.

Nah, agar lebih mudah, Anda juga bisa beli beragam jenis besi secara online. Ingat, belilah di market place terpercaya. Buka Bangunan merupakan market place terpercaya yang dapat Anda kunjungi.

Buka Bangunan menyediakan berbagai kebutuhan barang bangunan berkualitas. Anda dapat temukan berbagai jenis besi bangunan yang Anda inginkan dengan mudah.

Terdapat pula beragam promo dan diskon serta layanan pengiriman terbaik. Semuanya agar pengalaman belanja online Anda makin menyenangkan dan paket Anda dapat Anda terima dengan aman.

Jadi tunggu apalagi? Yuk buka Buka Bangunan sekarang juga dan dapatkan besi bangunan incaran Anda sebelum kehabisan.