Mudah Dan Cepat, Begini Cara Lapor Penipuan Online!

Meskipun era digital memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi, namun juga tidak dapat dipungkiri jika seandainya resiko terjadinya tindak kejahatan juga semakin besar, termasuk diantaranya adalah penipuan secara online. Mungkin Anda sendiri juga sering menjumpai hal semacam ini dimana ada banyak yang menawarkan hadiah undian dengan syarat harus memberikan kode verifikasi atau OTP serta masih banyak lagi diantaranya, jangan dibiarkan segera lapor penipuan online tersebut.

Dengan melaporkan tindak kejahatan tersebut paling tidak Anda juga sudah berkontribusi untuk mencegah agar nantinya tidak sampai ada korban-korban berikutnya. Karena jika seandainya dibiarkan maka nantinya mereka akan terus mencari korban yang lain. Sedangkan mungkin ada banyak masyarakat di luar sana yang belum teredukasi akan hal ini, jadi akan lebih mudah untuk menjadi sasaran korban penipuan secara online, sehingga harus segera ditindak dengan tepat.

Lalu bagaimana cara untuk lapor penipuan online tersebut? tidak perlu khawatir berikut ini diantara langkah-langkah mudahnya yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Lapor lewat bank, penipuan secara online ini ada banyak modusnya, termasuk diantaranya adalah mereka yang meminta untuk dikirimkan sejumlah uang lewat bank, biasanya sebagai pajak awal untuk pengiriman hadiah atau sejenisnya. Maka Anda dapat melaporkan penipuan tersebut kepada pihak bank, tujuannya tak lain adalah agar pihak bank memblokir nomor rekening yang mereka gunakan untuk transaksi tersebut, serta nantinya pihak bank juga akan membantu untuk melaporkan kepada pihak berwajib untuk segera diproses.
  2. Lapor ke kantor polisi, sebenarnya paling mudah adalah dengan melaporkan ke kantor polisi, apalagi jika seandainya Anda sudah ditipu dan mengalami kerugian dalam jumlah yang besar. Untuk membuat pengaduan ke pihak yang berwajib ini maka harus mempersiapkan bukti-bukti, setelah semua buktinya lengkap maka bisa datang ke kantor polisi terdekat dan nantinya pihak yang berwajib juga akan mengajukan beberapa pertanyaan dan akan dibuatkan suratnya.
  3. Laporkan lewat situs Lapor.go.id, sekarang ini juga tersedia situs yang dibuat oleh Kominfo untuk melakukan pengadukan terkait dengan penipuan online yaitu di Lapor.go.id yang dapat diakses kapan saja. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan membuka website tersebut, kemudian Anda dapat membuat laporan secara detail, pastikan juga untuk menyertakan bukti-bukti yang valid agar nantinya laporan akan segera diproses, Anda juga harus mengisi data diri secara lengkap dan ajukan, tunggu hingga nantinya laporan diproses, namun agak lama karena memang ada banyak orang yang juga membuat laporan kesini.
  4. Laporkan ke BRTI, BRTI sendiri merupakan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, laporan yang Anda adukan disini akan membuat nomor penipu tersebut diblokir. Jadi sangat pas jika seandainya tindak penipuan yang mereka lakukan adalah melalui panggilan suara atau pesan berantai yang umum dilakukan lewat WhatsApp maupun juga panggilan telepon biasa. Caranya mudah yaitu dengan masuk ke laman resminya, kumpulkan bukti yang akan digunakan dalam pelaporan tersebut dan isi semua yang diminta secara lengkap, kemudian tunggu proses lanjutannya.
  5. Laporkan melalui cekrekening.id, Anda juga dapat melaporkan rekening penipu tersebut agar nantinya bisa segera diblokir yaitu lewat situs cekrekening.id, dimana memang ini merupakan sebuah situs yang digagas oleh pemerintah untuk membantu mempermudah korban penipuan online, agar nantinya rekening penipu diblokir dan uang korban tidak sampai mereka ambil. Caranya adalah dengan membuka situs cekrekening.id, selanjutnya tinggal memasukkan nomor, nama pemilik rekening sampai dengan nama bank yang digunakan oleh penipu tersebut, jangan lupa untuk menyertakan bukti penipuan juga, isi semua form yang muncul disana sampai selesai kemudian kirim dan tunggu proses selanjutnya. Situs yang satu ini juga dapat dipakai untuk melihat apakah rekening yang dipakai penipu asli ataukah palsu.

Mudah bukan lapor penipuan online ini? selalu mengusahakan keamanan transaksi Anda untuk tidak sembarangan percaya dengan orang apalagi secara online, gunakan rekening yang aman seperti BCA yang menerapkan sistem pengaman ganda agar tidak mudah dibobol. Apalagi fasilitas mereka seperti layanan mobile banking juga ada dan dijamin aman.